10 Januari 2011

THE ART OF WAR 9 < 13 HAL YANG HARUS DIPAHAMI SEORANG CALON PEMIMPIN >

HAL 9: PASUKAN DALAM PERJALANAN

Orang yang tidak berpikir terlebih dahulu dan menganggap remeh musuhnya, pasti akan tertangkap oleh mereka.
Apabila prajurit musuh berdiri dengan bersandar pada tombak mereka, berarti mereka sedang kelaparan. Jika para prajurit yang diperintahkan untuk mencari air mulai minum air tersebut maka berarti pasukan musuh mulai kehabisan air. Jika musuh melihat adanya seuatu keuntungan namun tidak berusaha meraihnya, maka berarti para prajurit mereka tengah kelelahan.
Suara kegaduhan di malam hari menimbulkan kegugupan. Ketakutan membuat manusia gelisah, sehingga mereka akan berteriak - teriak di malam hari untuk memperbesar hati mereka sendiri. Jika terdapat gangguan diperkemahan, maka berarti pemimpin mereka tidak berwibawa. Jika bendera dan pataka mereka bergerak kesana kemari, berarti sedang terjadi penghasutan. Jika para perwira marah, itu berarti bahwa para prajurit sudah kelelahan.
Orang - orang yang saling berbisik dalam kelompok - kelompok kecil atau berbicara dengan nada suara tertahan menunjukkan adanya ketidakpuasan diantara para prajurit. Seringkali penghargaan yang diberikan menunjukkan bahwa musuh mulai kehilangan sumber daya mereka, karena apabila sebuah pasukan sudah tertekan, selalu ada kekhawatiran terjadinya pemberontakan sehingga penghargaan yang berlebihan diberikan agar mereka bersedia mengendalikan diri.
Jika dalam melatih para prajurit, perintah selalu dijunjung tinggi, maka mereka akan memiliki disiplin yang baik. Jika tidak disiplin mereka akan buruk.
Jika seorang panglima menunjukkan keyakinan pada para prajuritnya namun selalu menekankan agar perintahnya dipatuhi, maka hasil yang diperoleh akan bisa dirasakan bersama, seni dalam memberikan perintah. tidak dilakukan dengan meralat kesalahan kecil dan tidak goyah oleh keraguan - keraguan kecil, kebimbangan dan pertengkaran akan mengakibatkan hilangnya keyakinan para prajurit.

- Sun Tzu -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...