10 Januari 2011

THE ART OF WAR 11 < 13 HAL YANG HARUS DIPAHAMI SEORANG CALON PEMIMPIN >

HAL 11 : SEMBILAN SITUASI

Apabilaseorang pemimpin pasukan berperang di wilayahnya sendiri, maka disebutsebagai tanah yang dispersive. Karenaprajurit yang berada dékat dengan rumahmereka dan ingin melihat anak istrinya, kemungkinan besar akan mengambilkeuntungan dari perang dan mereka akantersebar di berbagai arah.

Apabilasebuah pasukan telah memasuki wilayah musuh namun tidak terlalu jauh, makaberarti mereka berada di tanah yang mudah.

Tempat yang menguntungkan bagi kedua belah pihakdisebut sebagai tanah yang di perebutkan.

Tanahdimana kedua belah pihak bebas untuk bergerak disebut tanah terbuka.

Tanahyang merupakan kunci dari tiga Negara yang berdampingan letaknya, sehinggaNegara yang menguasainya akan bias memperoleh keuntungan besar disebut tanahpersimpangan.

Apabilasebuah pasukan telah memasuki jantungwilayah musuh dan telah melewati sejumlah kota berbenteng disebut tanah serius.

Hutandi pegunungan, lereng- lereng yang curam, rawa – rawa dan paya – semua daerahyang sulit dilalui disebut tanah yang sulit.

Tanahdimana kita hanya bisa selamat dari kehancuran dengan cara berperang tanpamenunda disebut tanah putus asa.

Tanahyang bisa dicapai melewati jurang yangsempit dan jalan yang berliku – liku, sehingga pasukan musuh dalam jumlah kecilakan sanggup menghancurkan pasukan kita yang berjumlah besar disebut sebagaitanah yang membatasi gerakan.

Seorangahli siasat yang handal bisa dikatakan seperti shuai-jan. shuai-jan adalahjenis ular yang bisa ditemukan di pegunungan Chang. Apabila anda menyerangkepalanya, ia akan menyerang dengan menggunakan ekor. Apabila anda menyerangekornya, ia akan menyerang dengan kepalanya. Apabila anda menyerang bagian tengah,ia akan menyerang dengan menggunakan kepala dan ekornya.

Tugasseorang panglima adalah tetap diam sehingga kerahasiaan bisa terjaga; jujur danadil, sehingga bisa mempertahankan perintah. Dia juga harus mampumengelabui para perwira dan prajuritnyadengan memberikan laporan – laporan dan penampilan yang berbeda, sehinggamereka tidak mengetahui rahasia yang dimilikinya.

Bersikaplahtegas dalam pertemuan, sehingga anda bisa mengendalikan situasi.

Pertama– tama anda harus bersikap malu – malu seperti seorang gadis, sampai merekamembuka jalan; setelah itu bergeraklah secepat kelinci dan mereka akanterlambat dalam menghadapi anda.


- Sun Tzu -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...