10 Januari 2011

THE ART OF WAR 13 < 13 HAL YANG HARUS DIPAHAMI SEORANG CALON PEMIMPIN >

HAL 13 : KEGUNAAN MATA – MATA

5 jenis mata – mata :

1. Mata – mata local

2. Mata – mata internal

3. Mata – mata yang diambil alih dari pihak musuh

4. Mata – mata yang gagal

5. Mata – mata yang bertahan hidup

Apabila kelima jenis mata – mata tersebut bekerja, tidak seorang pun yang mengetahui system rahasia anda. Inilah yang disebut “ MANIPULASI UNGGUL ATAS KEADAAN “ dan merupakan kecakapan tertinggi yang dimiliki oleh seorang penguasa.

Memiliki mata – mata local berarti memanfaatkan penduduk di suatu wilayah. Di Negara musuh, anda perlu berusaha menarik perhatian para penduduk dengan memperlakukan mereka dengan baik dan menggunakan mereka sebagai mata – mata.

Memiliki mata – mata internal berarti memanfaatkan para perwira musuh. Orang – orang yang telah diturunkan dari jabatannya. Para criminal yang telah menjalani hukuman dan juga para selir yang serakah. Orang – orang yang memiliki kedudukan yang lebih rendah dari yang seharusnya, atau yang berkali – kali dipindahkan kebagian lain. Orang – orang yang ingin melihat bahwa Negara mereka kalah agar mereka bisa memperoleh kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan bakat mereka, serta orang – orang yang tidak berpendirian tetap yang ingin selalu mencari selamat. Namun dalam menangani mata – mata seperti ini , diperlukan tingkat kehati – hatian yang sangat tinggi.

Memiliki mata – mata yang diambil alih dari musuh berarti menguasai mata – mata musuh dan memanfaatkan mereka untuk tujuan kita; dengan menyuap mereka dan menjanjikan kebebasan, melepaskan mereka dari pihak musuh dan memerintahkan mereka untuk membawa informasi palsu serta memata – matai pasukan mereka.

Memiliki mata – mata yang gagal berarti melakukan hal – hal tertentu secara terbuka dengan tujuan untuk menipu dan membiarkan mata – mata kita untuk mengetahuinya. Disini kita perlu melakukan hal – hal tertentu untuk menipu mata – mata kita sendiri. Yang harus dibuat agar percaya bahwa mereka tidak menyadarinya.

Mata – mata yang bertahan hidup adalah orang – orang yang membawa berita dari musuh.

Mata – mata haruslah seorang yang cerdik, meskipun dari luar kelihatan seperti orang tolol, dengan penampilan seperti gembel, namun berkemauan sekeras baja. Dia harus aktif, sehat, memiliki kekuatan fisik dan keberanian yang memadai, terbiasa melakukan kerja – kerja kotor dan mampu bertahan dalam kelaparan dan kedinginan, serta bersedia berkumpul dengan orang – orang jorok dan para gembel.

Mata – mata tidak bisa dimanfaatkan apabila kita tidak memiliki kemampuan intuitif. Sebelum memanfaatkan mata – mata kita perlu memastikan integritas karakter mereka. Serta tingkat pengalaman dan keahlian mereka. Wajah yang tidak tahu malu dan sifat licik lebih berbahaya dibandingkan gunung dan sungai diperlukan seorang yang jenius untuk memahaminya.

Tanpa kecerdikan pikiran, kita tidak bisa memastikan kebenaran – kebenaran laporan mereka.

- Sun Tzu -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...