28 Desember 2010

THE ART OF WAR 6 < 13 HAL YANG HARUS DIPAHAMI SEORANG CALON PEMIMPIN >

HAL 6 : TITIK LEMAH DAN TITIK KUAT

Barang siapa yang bisa tiba lebih awal di medan perang dan menunggu musuh yang datang akan segar saat berperang. Barang siapa yang datang belakangan dan tergesa - gesa akan kehabisa tenaga saat sampai di medan perang.
Jika musuh sedang istirahat, gangulah mereka. Jika musuh sedang berada di barak dan tidak bergerak, paksa mereka untuk bergerak. Jika musuh memiliki perbekalan yang mencukupi, buat mereka menjadi kelaparan. Muncullah di tempat - tempat dimana musuh akan kelabakan untuk bisa mempertahankan, bergeraklah dengan tenang menuju tempat - tempat dimana anda tidak diperkirakan.
Seni kecepatan dan kerahasiaan. Melalui seni kecepatan dan kerahasiaan kita belajar untuk tidak terlihat, untuk tidak terdengar, sehingga bisa menguasai takdir musuh.
Meskipun jumlah musuh lebih banyak, kita bisa mencegah mereka agar tidak menyerang. Kita hanya perlu mengetahui rencana mereka dan kemungkinan keberhasilan mereka. Amati mereka dan pelajari prinsip - prinsip tentang kegiatan dan saat istirahat mereka. Paksa mereka untuk menunjukkan diri, agar kita bisa mengetahui titik lemah mereka. Bandingkan dengan cermat pasukan mereka dengan pasukan anda, sehingga anda bisa mengetahui dimana kekuatan dan kelemahan mereka.
Dalam melakukan pengaturan taktis, hal terbaik untuk dilakukan adalah menyembunyikannya, sembunyikan cara pengaturan pasukan anda dan anda akan aman dari intaian mata - mata yang paling lihai, dengan menggunakan akal dari pikiran mereka yang bijaksana.

- Sun Tzu -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...