27 Desember 2010

THE ART OF WAR 1 < 13 HAL YANG HARUS DI PAHAMI OLEH SEORANG CALON PEMIMPIN >

HAL 1 : MENETAPKAN RENCANA

Seni Perang dipengaruhi oleh 5 faktor konstan:
a. Hukum Moral
Mendorong orang - orang untuk menyelaraskan diri dengan penguasa mereka, sehingga mereka akan mengikutinya tanpa mempertimbangkan nyawa mereka dan tidak gentar menghadapi semua bahaya.

b. Langit
Menunjukkan siang dan malam, panas dan dingin, masa dan musim

c. Bumi
Terdiri dari jarak, besar dan kecil, aman dan bahaya, tanah terbuka dan tanah tertutup, serta kemungkinan hidup dan mati.

d. Pimpinan
Menggambarkan keunggulan - keunggulan dari kebijakan, ketulusan, kebajikan, keberanian dan kedisiplinan.

e. Metode dan Disiplin
Perlu dipahami sebagai penyusunan pasukan dalam bagian - bagian yang tepat, gradasi pangkat di antara perwira, pemeliharaan jalan yang menghubungkan pasukan dengan bagian perbekelan dan pengendalian pengeluaran militer.

Semua perang didasarkan pada penipuan. jadi, apabila mampu menyerang, kita harus kelihatan tidak mampu menyerang. Saat menggunakan kekuatan kita harus kelihatan tidak aktif, saat kita dekat, kita harus membuat musuh mengira kita berada ditempat yang jauh. Bila berada jauh, kita harus membuatnya mengira kita berada didekat.
Pasang umpan untuk menarik perhatian musuh. Buat kekacauan dan hancurkan dia. Jika dia lebih kuat, hindari. Jika dia mudah marah, usahakan membuat dia marah. Berpura - puralah kelihatan lemah, sehingga dia menjadi sombong. Jika dia sedang santai, jangan biarkan dia istirahat. Jika pasukannya bersatu, pisahkan mereka. serang saat dia tidak siap dan di tempat yang tidak diperkirakan.

- Sun Tzu -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...