27 Desember 2010

THE ART OF WAR 2 < 13 HAL YANG HARUS DIPAHAMI SEORANG CALON PEMIMPIN >

HAL 2: MEMBIAYAI PERANG

Saat terlibat dalam perang yang sebenarnya, jika kemenangan masih lama datangnya, senjata para prajurit akan tumpul dan semangat mereka akan menguap. Jika anda mengepung sebuah kota, anda akan kehilangan kekuatan, dan jika perang terus berlanjut serta berkepanjangan, sumber daya akan melemah.
Setelah perang di umumkan, dia tidak akan membuang waktu yang berharga untuk menunggu bala bantuan, ataupun menarik mundur pasukannya, tapi langsung melintasi perbatasan musuh tanpa menunda. Nilai waktu - atau dengan kata lain sedikit berada didepan dibandingkan musuh anda - memiliki arti lebih besar dibandingkan keunggulan jumlah atau perhitungan - perhitungan rapi tentang perbekalan.
Untuk membunuh musuh, pasukan kita harus dibuat marah. Agar mereka dapat merasakan keuntungan dalam mengalahkan musuh, mereka perlu diberi penghargaan. Jadi, jika anda memperoleh barang rampasan dari musuh, barang rampasan tersebut harus digunakan sebagai penghargaan, sehingga semua prajurit anda memiliki keinginan yang kuat untuk berperang. Masing - masing dengan perhitungan sendiri.

- Sun Tzu -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...